Senin, 21 November 2016

Tempat Wisata Sukabumi Murah Dan Mengedukasi

  Berwisata Yang Bisa Mengedukasi Pengunjung



    Tempat Wisata Sukabumi Murah Dan Mengedukasi - Di Sukabumi meiliki wisata yang unik dan menarik baik dari segi alam maupun penduduknya, wisata yang bisa mengedukasi karena banyak menginspirasi para pengunjung yang dan salah satu wisata yang patutu di contoh oleh daerah lain juga yaitu kampung Ciptagelar sebuat wisata kampung adat dengan ciri khas adat Sunda yang kental dan tradisi tradisi yang masih di pegang teguh dari turun temurun berikut adalah beberapa foto yang diambil dari kampung Ciptagelar :

1. Lokasi Dan Sejarah Kampung Ciptagelar

     Masyarakat yang tinggal di Kampung Ciptagelar disebut masyarakat kasepuhan yang artinya adalah masyarakat yang dipimpin oleh seseorang yang di tua kan di dalam satu kelompok masyarakat, adapun kampung Ciptagelar ini merupakan nama baru yang sebelum nya bernama kampung Ciptarasa, pergantian nama kampung juga memiliki ke unikan tersendiri yaitu hasil dari ritual pemimpin adat yang mendapatkan wangsit agar nama kampung di ganti dan hasil nya menjadi kampung Ciptagelar yang kita kenal sekarang, 

Letak Kampung Ciptagelar berada di wilayah Kampung Sukamulya Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Sukabumi. Jarak Kampung Ciptagelar dari Desa Sirnaresmi 14 Km, dari kota kecamatan 27 Km, dari pusat pemerintahan Kabupaten Sukabumi 103 Km dan dari Bandung 203 Km ke arah Barat.


2.Potensi Budaya Dan Kampung Ciptagelar 

     Warga kasepuhan disini terbagi menjadi dua kelompok yang pertama adalah kelompok jiwa jero yang artinya warga yang mempunyai garis keturana dari pemimpin dan ada juga kelompok jiwa luar yaitu warga atau masyrakat yang bukan garis keturunan pemimpin adat tapi meyakini  dan mengikuti aturan adat disini.

Ada dua versi cerita yang berkembang di masyarakat yaitu ada yang bilang kampung ini adalah merupakan keturunan Prabu Siliwangi, cerita yang kedua adalah mereka adalah keturunan Ki Demang Haur tangtu beliau adalah salah satu pengawalnya prabu siliwangi.
Adat yang begitu kental patut kita lestarikan kita jaga dengan baik agar bisa menjadi salah satu objek wisata unggulan yang dimilki Sukabumi.

3 Upacara Adat Dan Kesenian Kampung Ciptagelar 

a. Upacara Iingkaran hidup
     upacara yang berkaitan dengan kelahiran seperti: upacara selamatan pemberian nama dan upacara mengubur bali (ari-ari atau tembuni); upacara masa kanak-kanak bagi anak laki-laki biasa dilakukan upacara khitanan dan upacara helaran; upacara yang berkaitan dengan perkawinan seperti lamaran, akad nikah, dan lain-lain; dan upacara yang berkaitan dengan kematian semua dilakukan upacara adat.

b. Upacara Pertanian 
    masyarakat yang mayoritas bertani yang memegang teguh tradisi adat mereka mempunyai upacara adat sebelum mulai bertani yaitu upacara amit yang bertujuan untuk memhon perlindungan kepada para karuhun, para dewa, dan yang maha kuasa agar terhindar dari malapetaka, bentuk upacara nya adalah melakukan ziarah pada nenek moyang mereka yang berada Bogor Selatan dan Banten.

c. upacara Kesenian
Jenis jenis kesenian yang dimiliki kampung Ciptagelar antara lain genjring, pencak silat, pantun, calung, wayang golek, dog¬dog lojor, topeng, jipeng, dan angklung.



Memilki Bentuk Rumah dan bangunan yang unik dan keberagaman tradisi menjadikan Tempat Wisata Sukabumi Murah Dan Mengedukasi ini merupakan destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin menambah wawasan dan terlibat didalam kegiatan adat kampung Ciptagelar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar