Sabtu, 19 Maret 2016

Tempat Wisata Kuningan Jawa Barat Taman Purbakala Cipari

      Tempat Wisata Kuningan Jawa Barat Taman Purbakala Cipari- Bagi kalian yang menyukai liburan sekaligus ingin mengetahui info atau sejarah temapat tersebut kalian bisa mengunjungi tempat yang unik dan menarik di Kuningan Jawa Barat, Selain spot wisata menarik, Kuningan juga menyimpan sebuah cerita dari zaman purbakala. Yaitu kisah kehidupan manusia prasejarah di zaman megalitikum bisa kita kunjungi sebagai tempat wisata menarik yang pasti bisa mengedukasi para pengunjungnya.

salah satu tempat ditemukannya peninggalan kebudayaan prasejarah di Kabupaten Kuningan. Dengan luas 6.364 meter persegi, ditemukan tiga peti kubur batu yang di dalamnya terdapat bekal kubur berupa kapak batu, gelang batu, dan gerabah.

Yang unik di tempat ini kita bisa melihat tanah lapang berbentuk lingkaran dengan diameter enam meter dengan dibatasi susunan batu sirap. yang biasa disebut Batu Temu Gelang, yang konon katanya dipercaya sebagai tempat upacara dalam hubungan dengan arwah nenek moyang yang sekaligus berfungsi sebagai tempat musyawarah.





   Sejarah penemuanya adalah saat ditemukannya batu peti kubur oleh Wijaya pada tahun 1971, Setelah penemuanya tempat ini dinyatakan sebagai situs purba dan didirikanlah taman dan museum yang diresmikan pada tahun 1978 oleh Prof. Dr Syarif Thayeb seorang Menteri Pendidikan Kebudayaan pada masa itu. Prasasti batu yang ditandatangani oleh Bapak Syarif Thayeb terlihat di areal pintu masuk.
Sebagai situs purbakal di tempat ini pasti sudah banyak memiliki benda bersejarah, koleksi sepert Menhir, pendil, kendi, tempat sayur dan kapak perunggu ada juga koleksi kapak batu yang semua nya itu digunkan oleh manusia dijaman purbakala, sungguh unik kalo melihat dari bentuk bentuk alat alat yang digunakan manusia dijaman dahulu kal, disini termasuk cukup lengkap koleksinya.
Terdapat juga dua buah peti yang terdapat di taman purbakal cipari itu adalah peti batu menurut cerita petugas disana sering disebut peti kubur saat pertama kali ditemukan tidak ada kerangka manusia di peti itu yang ada hanya sejenis gerabah,tembikar dan kapak batu.

ini adalah salah satu alat purbakala 

 peti batu


dihalaman taman pun ada sebidang tanah melingkar dan dikelilingi barisan batu dan sitengah nya ada sebuah penanda batu itu merupakan tanda ditemukan nya gelang, tempat ini biasa digunakan sebagai tempat musyawarah bagi manusia jamn purbakala, 


Itu adalah tempat wisata di Kuningan Jawa barat yang berupa situs warisan leluhur kita yang memang harus kita lestarikan dan jangan sampe ada pihak pihak tidak bertanggung jawab merusaknya, sebagai warga negara indonesia yang baik mari kita berlibur dengan cerdas, isilah liburan kalian dengan menyenangkan, agar semunya berkesan.

Info Lokasi Taman purbakal Cipari Kuningan :

-taman Purbakala Cipari Kuningan, Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. GPS -6.962370, 108.469100. 

-Jam Buka Senin s/d Jumat 08.00 – 16.00. Sabtu 08.00 – 14.00. 

-Harga tiket masuk gratis.

Penemuan dan Penelitian:

Situs Cipari ditemukan pada tahun 1972 dengan adanya sebuah peti kubur batu yang merupakan satu ciri dari kebudayaan masa prasejarah. Penelitian/ekskavasi arkeologi secara sistematis, di bawah pimpinan Teguh Asmar yang dilakukan mulai tahun 1975 menghasilkan temuan-temuan perkakas dapur, gerabah, perunggu, dan bekas-bekas pondasi bangunan. Situs ini terhitung cukup lengkap menggambarkan kehidupan masyarakat pada masa itu.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar